Something Called ‘A-Little-Too-Over’

Tiba tiba merasa lelah dan perlu media untuk menulis.
Ya, benar adanya inspirasi bisa dateng dari mana aja.
Hari ini, 21 April, as we Indonesian knows (well, even google know it now), is Kartini’s day.
Actually more like, Kartini’s birthday (dear google, you are smart!).
Awalnya minggu lalu saya kepikiran untuk buat tulisan tentang wanita; untuk ikut memperingati hari Kartini, tapi saya undo rencana ini mendadak karena kepikiran hal ini.
Hari ini saya buka beberapa situs social media; yang paling dan masih rame, facebook of course.
Mulai banyak postingan bertemakan ‘Kartini’.
Dari yang paling standar, selfie/welfie di tempat kerja/sekolah/kampus pakai baju adat, sampai menyampaikan banyak kata bijak dalam rangka hari Kartini.
Tentunya gak etis buat saya kalau mengkritisi apa yang teman teman saya posting; it is their prerogative.
Hanya saja, saya kepikiran betapa kadang, Indonesian was really too-over something.
Seperti, mengaitkan hal apapun jadi ala-ala hari Kartini.
  • Meminta pasangan membelikan kado dalam rangka hari Kartini
  • Berharap diskonan khusus wanita dalam rangka hari Kartini
  • Meminta dispensasi jam kerja dalam rangka hari Kartini
  • Menagih ucapan hari Kartini
  • Izin kerja karena hari Kartini
  • Minta uang jajan ke ortu lebih karena hari Kartini
  • Menolak ditilang polisi karena hari Kartini
Like, what?
Is that why you are so into hari Kartini?
Lantas, besok ketika hari buruh tanggal 1 Mei, semua juga dikaitkan dengan hari buruh.
Belum lagi hari Ibu, hari Pahlawan, dan beberapa hari lainnya.
Beberapa pria, pastinya akan sangat kesal (oh dear, just admit it!).
Pasalnya, kemana hari Bapak? Kemana hari Sudirman (mungkin dipilih sebagai opposite-nya hari Kartini)?
Kenapa pria selalu harus yang mengucapkan, memberikan hadiah, membuat surprise, di saat saat ‘momental’?
Ini baru hari Kartini dan hari Ibu, belum lagi kalau month-versary (to be honest I really don’t know why this word’s exist), anniversary, ulang tahun, hari hari yang lainnya.
Salah salah, lupa satu hari aja ngambeknya bisa 2 malem.
Padahal katanya emansipasi wanita, kesetaraan, tapi hal hal surprise tetep aja pria yang bikin.
HAHAHA mendadak gue baik gini sama para pria..
Dan juga hari hari bersejarah lainnya.
Ketika hari Ibu, semua wanita juga memperingatinya.
Yang masih anak anak, kasih ucapan ke ibunya,
Yang sudah kerja, kode mulu kapan dijadiin ibu untuk anak anak kelak.
Yang sudah ber-suami, kode biar cepet jadi ibu, minta diajak hanimun lagi.
Yang sudah jadi ibu, minta selalu di spesialkan, dibelikan ini itu.
Yang sudah nenek, gak pernah minta apa apa :’) mereka sudah pasrah dan tulus, dan juga mungkin sudah lupa kapan hari Ibu 😀
Permintaan special request di hari Ibu juga pasti banyak dialami.
Permintaan surprise masih juga diterima oleh para pria.
Biasanya bermunculan juga welfie bersama para ibu; yang padahal mungkin ketika hari biasa bakal jaraaaang banget welfie sama ibunya.
Lagunya Melly Goeslow banyak di listening to dimana mana.
Quote tentang ibu juga mendadak jadi popular search.
Dimata saya, lucunya hal hal seperti itu muncul ketika hari itu saja.
Betapa mereka pengen menunjukkan ke dunia bahwa mereka akur dan dekat dengan ibu mereka.
Betapa mereka sangat gigih memperjuangkan kesetaraan antara wanita dan pria.
Hanya hari itu saja.
Besoknya? Lupa dan kembali ke rutinitas biasa.
Lupa nelpon ibu, lupa bilang ‘I love you, mom’.
Lupa kalau harus kerja keras membantu pasangan.
Wait, bukankah sebenernya kalau memperjuangkan emansipasi wanita means memperjuangkan kesetaraan wanita dengan pria ya?
Berarti harusnya lebih mandiri dong, gak minta di spesialkan?
dan gue kepancing untuk nulis tentang tema hari Kartini. *sigh*

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s