produktif, dong!

kemaren, entah kesambet apa, saya tiba-tiba merasa produktif dan harus produktif.

produktif dalam bekerja, yes maybee~

but actually antara produktif dan gak bisa diem itu beda tipis, sih..

well pokoknya, singkat cerita, saya sebenarnya sudah lama punya account soundcloud, yang seringnya saya pakai untuk denger dan cari musik a.k.a streamingan.

sampai suatu hari saya terfikir: “gimana kalau buat podcast?”

dan mulai lah saya nyoba ngelatih pikiran untuk buat materi, mencari apa definisi podcast itu, cari alat yang bisa menunjang podcast saya, sampai akhirnya mencoba merekam suara.

hasilnya? yaa, podcast dulu sempat dijadikan media untuk berekspresi.

karena kadang, ketika kamu menulis (contohnya kali ini saya menulis blog) emosi yang kamu berikan kurang sampai. yang membaca masih wondering, “bener gak ya maksudnya begini?”

beda halnya kalau kamu langsung mendengar suara si penutur.

tekanan pada kata tertentu, emosi, terbaca semua.

well walaupun, masih lebih enak ketika kamu sekalian melihat ekspresi muka sang penutur, but at least suara juga sudah better than only words, right?

kenapa harus pake materi? hmm, lebih karena personal reason, sih.

saya gak mau pendengar tiba-tiba merasa, kok saya sok akrab, atau kok terlalu heboh dan cepat, atau malah mungkin mendengar kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan di depan umum.

kalau nulis di blog, masih bisa di review sebelum publish.

kalau suara? bisa sih di edit, tapi saya kan on budget sekali ya, jadi apa yang saya podcast, sebisa mungkin natural tanpa editing. padahal pancen ra nduwe editornya

alatnya? saya bermodalkan komputer kantor dan iPhone saya aja kok.

to be honest, saya saking kupernya pakai iPhone, baru tau sekitar 3 bulanan yang lalu, bahwa iPhone ada fitur Voice Memo (recording voice) nya. kesian banget sih~

dan karena eh karena gak bisa langsung di upload di soundcloud via iPhone, maka dari itu saya upload via komputer kantor.

hasil rekamannya gimana?

hmm, I can’t say it’s good. karena podcast perdana saya adalah hasil dari setengah jam yang terbuang biar gak sia-sia karena nunggu dijemput di kantor.

yap, saya take recording di kantor; di ruangan saya.

why? ya biar wi-fi dan koneksinya gratis plus lancar, dong!

lagian, yang namanya kantor saya itu, jam 6 sore sepiiii banget. cocok suasananya untuk recording.

then why it’s not good enough? because saya masih belum terbiasa dalam hal merekam rekam ini. if you listen to it, you might be find my inhale-exhale voice, which is really bad.

selain itu, masih mbosenin aja menurut saya 😀

well oke, saya diwejang-i oleh sohib jauh, bahwa konsisten itu ilmu terberat dalam hal kreativitas.

punya blog, youtube account, soundcloud account, tapi gak pernah konsisten kalau upload, ya sama aja~ gak ada greget yang bisa dibanggakan.

so tantangan terbesar saya saat ini adalah, well, consistency.

saya masih harus dan pengen meluangkan waktu sekedar cerita-cerita pengalaman hidup saya di blog ini, tapi juga pengen banget podcast jalan terus.

semoga saya bisa konsisten dalam podcasting once a week, ya!

bagi yang belum dan mungkin pengen dengar langsung suara saya, bisa cekidot ke podcast perdana saya yang ada di sini

keep productive, people! 🙂

Leave a Reply

