negative thoughts

waktu kecil, saya pernah dengar pepatah:

kadang, ber-negative thinking itu perlu.

dan cuma saya anggap sambil lalu. saya pun gak tahu apa maksudnya.

later on, saya baru sadar.

yes, having negative thoughts perlu, untuk buat kita waspada dan berjaga-jaga.

waspada dan akhirnya prepare for the worst.

well, kita sepatutnya menyadari, too much is never good. so, negative thought yang berlebihan juga gak bagus.

saya seseorang yang selalu menghitung setiap kemungkinan dan berandai-andai.

contoh simpelnya:

saya akan pergi liburan ke suatu kota selama 2 hari. saat bersiap-siap, sebagai seorang perfeksionis dan planner yang ulung (no, I don’t humblebrag, this is true) saya pastinya sudah mencari tiket perjalanan, akomodasi selama di sana, saya list one-by-one; plus juga bawaan saya.

setelah semua hampir selesai, saya akan berandai-andai.

kalau nanti hujan selama disana, gimana? kalau nanti disana tidak ada kosmetik yang biasa saya pakai? kalau nanti saya tetiba merasa masuk angin? kalau saya gak cocok dengan makanannya? kalau ternyata orang disana tidak ramah? kalau saya gak nyaman dengan penginapannya? dan masih ada berjuta-juta kalau yang lain, menyebabkan saya akhirnya insecure. kemudian datanglah pikiran negatif bertubi-tubi.

those are tingling my perfectionist sense.

yang seharusnya saya sudah selesai bersiap, semua siap dalam 1 tas, karena pikiran negatif tadi, saya jadi bawa 1 tas lagi; diisi barang-barang persiapan lainnya.

setibanya saya di tempat tujuan, bahkan mungkin sesaat sebelum saya pulang, akhirnya saya baru menyesal. ngapain saya bawa tas tambahan yang isinya gak terpakai semua?

itu baru pikiran negatif yang ditimbulkan dan diinisiasi sendiri, belum pikiran negatif yang datangnya dari orang lain.

pernah gak ketika kalian ketemu orang, kalian langsung dihantui pikiran negatif?

like, aduh, ini orang pasti bukan orang baik deh.

atau, ih, dia dateng pasti ada maunya.

well, kalau untuk prepare for the worst, saya gak menyalahkan.

ketika kalian didekati orang tidak dikenal di mall, bolehlah kalian bersiap atau mengingat dimana kalian menyimpan semprotan merica. tapi, tunggu sebentar. tanyakan apa maksud orang itu, baru action.

mana tau ternyata orang itu mau kasih belanjaan kamu yang tadi lupa dibawa.

semua orang berhak merasa insecure.

in·se·cure
ˌinsəˈkyo͝or/ adjective 
(of a person) not confident or assured; uncertain and anxious

in my view, the insecure feelings lead you to think negatively.

setiap orang punya cerita dan alasan masing-masing, tentang kenapa mereka merasa insecure.

mostly, pernah gagal.

pernah dikecewakan.

pernah dibuat kapok melakukan sesuatu.

kecuali, merasa insecure karena dihantui pikiran sendiri.

sebagai seorang yang pernah patah hati; misalnya.

pasti gak bisa tinggal diam ketika lihat sahabatnya ada kecenderungan untuk dibuat patah hatinya oleh orang lain.

jatuhnya, dia sering berpikir negatif ke orang lain.

siapa dan gimana caranya menghilangkan?

memaafkan diri sendiri, in my opinion.

memaklumi kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu, memaafkan diri sendiri karena apa yang dulu terjadi, mencari hikmahnya-bukan mencari kesalahan orang lain.

belajar dari kejadian itu.

belajar dan do more, supaya gak terjadi lagi.

having negative thoughts and feel insecure is fine, but there is no good in too much.

P.S.:

yang saya maksud dengan having negative thoughts itu, adalah cara untuk kita bisa bersiap untuk segala kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, ya.

kalau kamu memupuk banyak pikiran negatif di pikiranmu tentang apa yang ada di hidupmu, memang hasilnya gak akan pernah bisa positif. pikiran itu bukan kaya perkalian matematika, negatif bertemu dengan negatif tidak akan pernah menjadi positif.

ada di resep hidup sehat saya, think positively.
usahain, berpositif dulu, terutama pada diri sendiri.
kamu bisa!” adalah salah satu pikiran positif yang banyak dianjurkan oleh motivator.

Leave a Reply

