dibalik kode

beberapa hari yang lalu, saya meet up dengan sepasang teman saya.

well, let’s say it was a double date. pada dasarnya meet up yang tertunda sekian bulannya.

ah… selalu, usia bertambah namun jumlah teman berbanding terbalik.

well, singkat cerita kami akhirnya berkaraoke ria. sesuatu yang setelah sekian lama saya nantikan, akhirnya bisa saya lakukan.

seperti biasa, kami bergilir bernyanyi. saya? pilihan lagu saya lebih ke arah kuat vokal dan memang up-to-date song. jarang saya memilih lagu jadul, karena seringnya saya lupa lagu apa yang saya cari. tinggal pilih latest song atau top song, saya siap nyanyi.

beberapa kali saya menyanyi dibantu juga dengan suara sumbang dan fals dari si mas. jujur, si mas ini gak pernah betah bernyanyi, sampai akhirnya saya paksa karaoke-an.

suaranya lembut, tapi ya itu tadi… fals dan sumbang. dia pure buta nada.

HAHAHA maaf ya mas, but we both know it is true 😛

 

tiba saat teman saya (yang perempuan sebut saja namanya Hana, dan yang lelaki sebut saja namanya Atta), si Hana bernyanyi. tak tanggung-tanggung dan ragu-ragu, dia memilih lagu Indonesia, ballad, dan menyayat hati.

kami sudah paham, suara Hana memang bagus. dia ratu-nya lagu ballad, jernih juga suaranya.

saya nikmati dia bernyanyi, well, fyi, lagunya adalah milik siapa itu namanya… hmm Mitha yang berjudul Aku Cuma Punya Hati. wahh, pilihan berani, mengingat lagu itu perlu power berlebih.

tapi saya cermati dan amati, kok Hana ini nyanyi dengan sepenuh hati ya.. I mean, bagus sih.. tapi sampai-sampai dia nunjuk-nunjuk Atta, yang notabene adalah pacarnya.

at first, saya bertanya-tanya dalam batin. ini hanya skenario, atau curhat via lagu dalam karaoke? tapi saya abaikan saja sih, I mean, mungkin hanya perasaan saya.

lagu selanjutnya yang dinyanyikan Hana adalah I Know What You Did Last Summer. tak kelupaan, ia kembali mengisyaratkan bahasa tubuhnya ke Atta. apa lagi sih ini?

lagu selanjutnya dan selanjutnya, hampir semua tentang pengkhianatan dan sakit hati.

saya dan si mas yang menyanyi lagu-lagu rap dan rock, santai aja, cenderung bertindak konyol dengan lagu-lagu yang dinyanyikan 😀

 

selesai berkaraoke selama 2 jam, dan dengan kesimpulan lagu-lagu yang dinyanyikan Hana adalah curhatannya tentang Atta, kami pun mampir ke cafe, sekedar untuk ngobrol-ngobrol kece.

another surprising story began, when Hana said: “hey, it’s okay if we marry before you, guys?

I was like, “yeah, great. that’s fine. absolutely.

dan ternyata mereka memang akan menikah dalam waktu dekat.

 

beberapa hari kemudian, saya dan mas berbincang-bincang, tentang komunikasi dalam sebuah hubungan.

seberapa pentingnya sebuah komunikasi, bukan hanya sekedar ‘kode kodean’ dalam sebuah hubungan.

bukan dan jangan sampai menyimpan sesuatu yang tidak disukai dari pasangan, tapi dipendam tanpa pernah diberitahukan ke pasangan.

karena kami sadar, dan kami tahu, beberapa pasangan yang senang menyimpan gerutu-gerutu, memendam apa yang tidak disukai dari pasangannya, bersikap seolah selalu memaafkan padahal hanya melupakan sesaat, dan berkata ‘tidak apa’ padahal ada apa-apa dalam hati, pada akhirnya akan tiba saatnya dia mengeluarkan semua yang dia pendam.

dan saat itu terjadi, it’s gonna be massive and parah. sekali.

itu yang dari awal kami berusaha mengerti satu sama lain. no more kode-kodean, no more hiding feelings.

kalau memang ada yang gak disuka dari pasangan, baiknya cari waktu berdua, ngobrol, diskusi, cari solusi yang paling enak buat keduanya..

alhamdulillah, that was a good way, and we’re getting good effect from that.

so.. we don’t know whether Hana was kode-kode Atta at the karaoke place or not, but we’re hoping that they’ll had a very good marriage.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s