your mind tricks you

kemarin lagi mendadak viral banget jokes tentang penyiar radio dan pendengarnya yang rikues request lagu aneh-aneh, yang ternyata adalah pelesetan lagu-lagu hits.

in case you missed it…

kampretnya, beberapa orang lama kelamaan merasa lupa dengan lirik asli lagu-lagu tersebut, dan akhirnya malah menyanyikan versi plesetannya.

alhamdulillah, saya cuma menonton video/mendengarkan jokes-nya sekali ajah.

soalnya, dulu pernah nemu jokes serupa, dan sampai sekarang kalo denger lagunya masih dinyanyikan ala jokes. apa hal? apa sebab?

walaupun beberapa jokes terkesan ‘maksa’ banget, tapi otak kita secara spontan merespon kalau itu masuk-masuk aja jokesnya.

contoh nih ya, lagu yang katanya masih pincang. aslinya adalah lagunya MLTR yang berjudul sleeping child. dibuktikan (ceritanya) di bagian reffrainnya:

oh masih pincang… the world’s so wild….

padahal aslinya

oh my sleeping child… the world’s so wild…

kalo dibaca, beberapa orang akan mikir ini jokes jauh bener ya. maksa.

tapi ketika didengarkan, otak kita akan langsung merespon bahwa om-om MLTR menyanyikan lagunya dengan kata-kata masih pincang.

dan beberapa orang lagi lagi akan merasa bahwa kata-kata itu masuk dengan jokesnya. besok-besok lagi, dia akan menyanyikan (atau at least) mengingat jokes itu setiap kali dengar lagunya MLTR.

sedih? iyes, tapi gimana lagi, earworm banget. berasa melekat di telinga dan terngiang terus.

saya kadang berpikir mungkin ini berhubungan (atau mungkin tidak?) dengan suatu term yang aish-entah-apa-namanya-saya-lupa.

intinya, kadang ketika kamu merasa ragu apakah bisa mengerjakan sesuatu hal, kamu hanya perlu mengatakan “kamu bisa” ke dirimu sendiri beberapa kali; rasakan aura positif yang akan membawamu ke tingkat rasa percaya diri dan akhirnya kamu berhasil melakukannya.

apa tuh namanya?

ah, saya baru ingat kalau yang ini ada hubungannya sama buku Law of Attraction. atau mungkin Semesta Mendukung kalau istilah Indonesianya.

permainan pikiran, meyakinkan pikiran bahwa sesuatu akan terjadi/sudah terjadi, akhirnya bisa jadi beneran.

cmiiw, ada juga pepatah ‘you are what you say‘ atau ‘apa yang kamu katakan adalah doa‘.

jadi reminder untuk diri sendiri, bahwa sekali lagi, hati-hati kalau mengucap sesuatu, dan hati-hati kalau mendengar jokes lagu receh yang membuatmu melupakan lirik aslinya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s