yah..mati listrik

hari ini, sudah kebayang betapa hecticnya saya.

besok, kebetulan saya akan dinas luar (cailaah) ke luar kota.

dan, partner kerja saya sepertinya belum siap kalau saya tinggal dengan banyaknya email.

saya sudah terbayang betapa saya akan lembur (which is true), dan di kantor pun akan sangat repot.

baru dapat 2 email, tiba tiba listrik di kantor saya mati.

PET!

lemas sih saya, gimana jadinya ini..

langsung ambil smartphone, cek twitter, share foto ke grup kantor.

lho kok?

saya mengikuti akun twitter @pln_jogja, dan saya merasa akun tersebut merupakan akun yang aktif, informatif, dan simple.

setiap hari, akun tersebut menginformasikan tanggal, jam, dan lokasi detail dimana mereka akan melakukan pemadaman atau pemeliharaan layanan.

itu the main reason kenapa saya follow.

but seriously, kalau kalian termasuk anak muda yang punya banyak akun socmed, ini sangat membantu.

saya amati, anak muda jaman sekarang kalau dihadapkan di situasi heboh (misal: mati listrik mendadak), biasanya ada 4 kategori:

  1. males cari informasi, dan sibuk update status di socmed
  2. cari informasi, tapi gak dari sumber kredibel
  3. sibuk share informasi hoax tentang kehebohan tersebut
  4. tenggelam dan percaya dengan berita hoax tersebut

padahal, kalau saja mereka mau cari informasi atau cross-checked informasi yang mereka dapatkan, mereka akan lebih bijak.

bisa memberikan informasi kredibel, terpercaya, jelas, kepada orang lain means membantu banyak orang juga.

se-simpel follow akun resmi yang bermanfaat, lantas ketika ada hal terjadi, share infonya lebih bagus.

saya pribadi suka dengan tampilan dan ke-simple-an dari akun twitter PLN Jogja tadi.

why? mereka gak lebay, gak tiap menit nyetatus, sekalinya nyetatus pun simple dan informatif.

gampang dipahami, seperti pengumuman pemadaman, mereka sehari bisa infokan lebih dari 3 kali di jam yang berbeda.

hal ini tentu sangat berguna, apalagi mereka juga share info untuk pemadaman esok harinya.

jadi, masih heboh karena mati listrik dan gak dapet surat edaran/gak tau harus nanya ke siapa?

mungkin kamunya yang gak berusaha menggali informasi yang kredibel 😀

Leave a comment